ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN PKJI 2023 (JL. PATIH RUMBIH – JL. TAMBUN BUNGAI – JL. R. A. KARTINI)
Abstract
Persimpangan Jl. Patih Rumbih – Jl. Tambun Bungai – Jalan R.A Kartini Kota Palangka Raya merupakan salah satu persimpangan yang berada dalam Kota Palangka Raya. Pada persimpangan sering terjadi tundaan, hambatan samping karena aktivitas disekeliling simpang. Tujuan penelitian ini yaitu Mengetahui besarnya arus lalu lintas yang melewati persimpangan Jl. Patih Rumbih – Jl. Tambun Bungai – Jalan R.A Kartini Kota Palangka Raya saat sekarang , Mengetahui kapasitas persimpangan, derajat kejenuhan, peluang antrian dan tundaan persimpangan Jl. Patih Rumbih – Jl. Tambun Bungai – Jalan R.A Kartini Kota Palangka Raya saat sekarang, Mengetahui tingkat kinerja persimpangan pada persimpangan Jl. Patih Rumbih – Jl. Tambun Bungai – Jalan R.A Kartini Kota Palangka Raya saat sekarang.Pada penelitian ini digunakan metode PKJI 2023 (Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia). Hasil analisis diperoleh dari penelitian ini adalah kondisi persimpangan Jalan Tambun Bungai – Jalan R.A Kartini cukup baik, hal itu terlihat pada tundaan simpang yaitu sebesar 11,53 detik/SMP yang dimana Tingkat Pelayanan Simpang berada pada tingkat B. Kapasitas (C) 3045 SMP/jam, Derajat Kejenuhan (Dj) 0,66, Peluang Antrian (PA) 17,77 %. Untuk persimpangan Jalan Tambun Bungai –Jalan Patih Rumbih tundaan simpang yaitu sebesar 10,94 detik/SMP, tingkat pelayanan simpang berada pada tingkat B. Kapasitas (C) 3382 SMP/jam, Derajat Kejenuhan (Dj) 0,60, Peluang Antrian (PA) 15,18 %. Untuk solusi alternatif pada persimpangan ruas Jl. Patih Rumbih – Jl. Tambun Bungai – Jl. R. A. Kartini yang direncanakan adalah dengan pemberian rambu dilarang parkir serta rambu prioritas pada Simpang Jalan agar pengendara jalan tidak memarkirkan kendaraan nya di bahu jalan hingga mengenai badan jalan sehingga dapat mengurangi hambatan samping dan konflik pada persimpangan jalan.